Monday, April 22, 2013

Niat Onyod Buat Nyemplungin Diri Ke Kali Kurang Bulet


Lagi hujan disertai suara petir menyambar-nyambar, Ceu Odah dan Kang Onyod sedang bertengkar hebat:

"Sok aja,,,! Kalo Odah maunya kaya gitu,,,! Lebih baik Akang mau nyemplungin diri aja ke Kali di belakang rumah,,,!" kata Kang Onyod merajuk dan bete seraya berlalu ke Kali Cikapundung.

Satu jam setelah kejadian itu, Ceu Odah nyuruh si Ujang anaknya nyusul dan liat Bapaknya ke Kali Cikapundung yang tepat berada di belakang rumahnya,,,

Pas Ujang nemuin Bapaknya si Kang Onyod di pinggir Kali Cikapundung, ternyata Bapaknya itu sedang kedinginan, bengang-bengong sambil melukin lututnya yang gemeteran,,,

"Bukannya tadi katanya Bapak mau nenggelemin dan nyemplungin diri di Kali,,,?" tanya Ujang nyindir kelakuan Bapaknya yang kaya anak kecil.

"Tadi niatnya sih gitu, Onyoood,,,! Tapi waktu Bapak liat airnya gede, arusnya deres, kenceng, t'rus Bapak liat banyak pup orang pada ngapung, jadi bikin Bapak jijik buat nyemplung,,,! Yaaa akhirnya Bapak urungin diri, nggak jadi aja nyemplung ke kalinya,,,!" jawab Kang Onyod.

"Oh gitu,,,? Nanti Ujang kalo ditanya Emak, bilangnya gimana dong, Pak,,,?" tanya Ujang polos.

"Bilangin aja gini ke Emak kamu: Bapak nyemplungnya mau besok-besok aja lagi gitu, kalo airnya udah tenang, arusnya udah nggak deres, dan nggak ada pup manusia yang pada seliweran ngapung di atas air kali,,,!" kata Kang Onyod gemeteran sambil jalan ke rumahnya diikuti Ujang yang ketawa-ketiwi dalam hati.

No comments:

Post a Comment